PEMANFAATAN INTERNAL NETWORKING PADA FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS GADJAH MADA

Standar

Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) adalah salah satu fakultas terbesar di Universitas Gadjah Mada (UGM). Fakultas ini memiliki sarana dan prasarana penunjang pendidikan yang cukup lengkap. Bahkan beberapa aplikasi sudah mengnerapkan kemajuan Teknologi Informasi (TI), salah satunya adalah penggunaan official website yang bukan hanya sebagai media informasi kepada penggunanya tetapi pemanfaatannya lebih dari itu, yaitu diantaranya pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) yang sudah dilakukan secara online, hasil nilai mata kuliah semester yang diumumkan secara cepat, dan interaksi dua arah yang sangat membantu bagi penggunanya.

Teknologi lainnya adalah penggunaan kamera CCVT di seluruh sudut gedung FEB UGM dengan menggunakan koneksitas jaringan local area network (LAN) yang ada, sehingga pemantauan keamanan bisa dilakukan dengan mudah dan efisien. Selain itu, penggunaan mesin antrean otomatis yang berada pada ruang informasi akademik juga sangat membantu pagi pelayanan informasi secara tertib dan terarah.

Namun terdapat sisi lain dari FEB yang belum menggunakan teknologi yang ada, yaitu dalam pembuatan kartu perpustakaan. Hal ini dirasakan oleh penulis saat melakukan pengurusan pembuatan kartu perpustakaan. Sepengetahuan penulis, dalam melakukan pendafatar awal di FEB yang dilakukan secara manual melalui formulir pendaftaran, semua data mahasiswa baik pribadi maupun umum tercantum di formulir tersebut dan tidak beberapa lama, data itu dipindahkan ke dalam database FEB, sehingga mahasiswa tersebut dapat melihatnya dalam website dan dapat melakukan perbaikan data setelah diberikan password tertentu dari administrator. Hingga dapat disimpulkan, semua data yang terkait dengan mahasiswa tersebut tersimpan secara baik dalam database server FEB. Namun disayangkan, saat mengurus pembuatan kartu perpustakaan, saya harus mengisi formulir lagi yang berisi data saya secara lengkap dan dilampirkan bukti lunas SPP serta pasfoto.

Bila TI yang dilakukan FEB terintegrasi di seluruh bagian pada FEB, maka hal di atas tidak perlu saya lakukan. Koneksi data dengan menggunakan jaringan LAN yang menghubungkan komputer server dengan client maka dapat melihat dan menggunakan data yang ada pada komputer server, sehingga tidak perlu lagi pengsisian formulir dan verifikasi data.

Untuk data umum mahasiswa bisa menggunakan nomor induk mahasiswa (NIM), untuk data pelunasan SPP bisa melihat data pada bagian keuangan, sehingga bisa dilihat statusnya sudah lunas atau belum, termasuk permintaan foto. Seharusnya foto mahasiswa sudah berada pada database sehingga bisa memverifikasi fisik.

Dengan data yang ada tersebut, proses pembuatan kartu perpustakaan mahasiswa bisa dilakukan saat itu juga karena dapat langsung diproses cetak melalui alat cetak yang tersedia.

Semoga dengan hadirnya penulis sebagai mahasiswa FEB dapat memberikan kontribusi lebih dalam peningkatan pelayan dengan pemanfaatan TI.

Sekian.

Gambar 1. Alur data dengan menggunakan LAN

Mochamad Ramdani

04905-MAN

FEB-UGM

Iklan

2 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s