MEMPROTEKSI FILE ATAU FOLDER MILIK ANDA

Standar

Melakukan proteksi file atau folder data anda sangatlah penting untuk menjamin keamanana dan keabsahan data yang anda miliki. Saya sering pernah mendapatkan copy file slide materi perkuliahan dari salah satu dosen yang dibuat sedemikian rupa hanya untuk ditampilkan dan cetak, menu edit, copy tampilan dan lain sebagainya tidak bisa dilakukan. Dosen tersebut beralasan file tersebut (slide materi perkuliahan) merupakan karya kreativitas dirinya sendiri termasuk isi dan desain, sehingga ia ingin karya intelektualitasnya diakui.

Di kantor saya juga menemukan pegawai dalam satu bagian yang sama, sering melakukan proteksi file pekerjaannya dengan menggunakan password, beliau beralasan file ini sangatlah penting bagi pihak yang terkait dalam hal ini pegawai, karena akan berdampak sangat vital bagi pegawai tersebut bila ada seseorang yang melakukan perubahan data. Hal-hal itu sah-sah saja menurut saya, namun yang menjengkelkan saat beliau tidak masuk dan file data tersebut harus segera dieksekusi untuk dilakukan perubahan atas persetujuan pimpinan atau dijadikan surat dan sebagainya, pegawai lainnya tidak bisa melakukannya, sehingga pekerjaan jadi terhambat karena ketergantungan oleh seseorang tersebut, Tentu hal ini merepotkan bagi semua pihak.

Menurut saya, file pekerjaan yang bersifat pekerjaan rutin, tak perlu dilakukan proteksi yang sedemikian rupa sehingga mengakibatkan pekerjaan menjadi terhambat. Lain kasus bila file tersebut merupakan pekerjaan proyek/khusus seperti file daftar mutasi pegawai yang belum disahkan oleh pimpinan/pihak yang berwenang.

Dalam melakukan proteksi file di hardisk komputer bisa dilakukan melalui beberapa cara:

  1. Untuk file-file office, bisa digunakan proteksi melalui password di menu yang tersedia.
  2. Melakukan compres file dengan aplikasi win.rar lalu men-setting dengan password.
  3. Cara lainnya dengan mengganti ektensi file tersebut dengan ektensi file lainnya yang berhubungan jauh, sebagai contoh file aa.doc diubah ektensinya menjadi aa.mp4 atau sebaliknya yang mana keterkaitan anatar satu aplikasi dengan aplikasi lainnya sangat berjauhan atau ga terlalu berhubungan (bahasa betawi).

Mungkin baru cara-cara tersebut yang baru saya gunakan/temukan dalam melakukan proteksi file, bila rekan-rekan pembaca ada cara lainnya mungkin bisa memberikan komentarnya pada mochram.wordpress.com.

Tambahan : Memproteksi file maksud penulis adalah melindungi, menyebunyikan dan mengamankan file serta content-nya dari pihak-pihak yang tak berkepentingan.

Terimakasih dan sekian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s