Tokoh Idola

Standar

Demikian judul kultumku yang kusamapaikan pada jadwal kultum mingguan setiap rabu ba’da Magribh di Masjid Baiturrahman pada tgl 28 Januari lalu.

Ide ini tercetus pada saat saya membaca berita di sebuah situs internet tentang kemenangan Barack Obama yang didukung oleh komunitas yahudi sebagai sponsor dana.

Seperti pada umumnya masyrakat indonesia, dari anak-anak sampai tua hampir semua mempunyai tokoh idola. Anak-anak mengidolakan jagoan super atau tokoh kartun yang sering dilihatnya di TV, remaja mengidolakan artis, pemain band dan pemain sepakbola, Ibu-ibu mengidolakan artis sinetron, bapak-bapak mengidolakan politisi dan sebagainya. Bisa dipastikan setiap manusia memiliki tokoh idolanya masing-masing.

Namun dari tokoh idola tersebut jarang sekali mendapatkan kebaikan bahkan cenderung banyak mudharatnya.

Kita lihat dari sikap remaja putri yang sering tergila-gila dengan artis sinetron dan pemain band yang ganteng-ganteng hingga melebihi batas-batas syariat, seperti ingin dipeluk, dicium dari tokoh idolanya.

Anak-anak mengidolakan pahlawan super dan tokoh kartun yang tidak mendidik sehingga terbawa dalam perilaku sehari-hari dengan temannya.

Bapak-bapak menidolakan politisinya sehingga menjadi buta tentang kebenaran.

Contoh diatas tersebut menggambarkan banyak dari masyarakat kita yang mengidolan tokoh yang tidak mengajak kebaikan namun cenderung banyka mudharatnya. Padahal dalam islam sudah diberikan tuntunan tentang tokoh Tauladan yaitu Nabi Muhammad SAW beserta sahabat-sahabatnya.

(bersambung….)

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s