Prosedur Pembuatan Paspor Baru Perorangan

Standar

Untuk memudahkan anda sebaiknya melakukan pendaftaran awal secara online di alamat www.ipass.imigrasi.go.id dengan mempersiapkan data sebagai berikut:

  1. Tempat dan Tanggal Lahir Kedua Orangtua anda
  2. Tempat dan Tanggal Lahir pasangan (Istri/suami) anda
  3. Softcopy KTP, KK dan Akte/Ijazah/Buku Nikah dengan ketentuan sbb:
    1. File harus dalam format .jpg
    2. Ukuran File tidak lebih dari 300 Kb
    3. Format warna Grayscale

Buku Petunjuk Pembuatan Paspor
Bila data sdh ada di dekat anda, silahkan daftar via internet ke alamat tsb. Juga dipastikan Kantor Imigrasi yang akan dituju untuk melakukan registrasi ulang dan pengurusan selanjutnya.

Saat anda ke Kantor Imigrasi (Kanim) jangan lupa membawa bukti daftar online disertai berkas dokumen pendukung baik yang asli dan copinya untuk verifikasi. Perlu anda ketahui semua fotokopi dan bukti daftar online harus berukuran A4 dan tidak boleh dipotong, kalo dipotong anda akan disuruh copy ulang, ini yg saya alami.

Saat anda mendaftar ulang, terlebih dahulu anda mengambil no urut antrian (08.00 – 11.00). Petugas no antrian akan melihat dokumen anda, biasanya anda akan di suruh ke koperasi untuk membeli Map yang di dalamnya anda form pendaftaran dan sampul buku paspor. Saya membeli seharga Rp.7.000. Form pendaftaran tidak usah di isi lagi langsung aja di tandatangani di kolom paraf dan masukan semua dokumen kedalam map tsb dan diserahkan ke bagian pendafataran counter pendaftaran online.

Dari Bagian pendaftaran anda akan mendapatkan bukti verifikasi lengkap dan jadwal pemngambilan foto bila dokumen anda valid dan lengkap. Pengalaman saya kemarin, foto dilaksanakan di hari berikutnya.

Kwitansi Paspor

Kwitansi Paspor

Di hari selanjutnya anda mengambil no antrian dan menuju ke bagian pendaftaran untuk mendapatkan tagihan pembayaran, lalu menuju kasir untuk membayar biaya pembuatan paspor (untuk paspor baru perorangan 48H seharga Rp.255.000 (Tarif SPRI Rp 200.000 dan Tarif TI Rp. 55.000). Stelah mendapatkan kwitansi, giliran anda menunggu untuk dipanggil ke ruang pengambilan foto. Bila anda ingin bepergian ke Negara Arab Saudi, ada kebijakan dari Negara tersebut harus memilki 3 suku kata nama. Bila nama Anda terdiri dari 1 atau 2 suku kata, maka anda harus membuat surat pernyataan untuk menambah 1 atau lebih suku kata nama di paspor anda (bisa nama ortu atau lainnya). Surat pernyataan ini tersedia di koperasi Kanim yang sdh ada materai Rp. 6.000.

Saat foto, biasanya anda akan ditanya bebarapa hal sebagai formalitas. Biasanya anda mau kemana? Anda kerja dimana? Dsb.

Contoh Paspor

Contoh Paspor

Seminggu kemudian ada ke Kanim lagi untuk mengambil paspor anda yg sudah jadi.

Selamat menjelejah ke negeri orang ….

3 responses »

  1. Yach jadi jelas aku bacanya, jadi dai imigrasi itu ada dua lembar formulir, satu formulir permohonan paspor dan yang kedua formulir pernyataan untuk buat nama jadi tiga suku kata, ya ya jelas terima kasih banyak infonya….

  2. Sy lg bingung neh…
    Sdara mau krj di arabsaudi sbg mekanik.
    Tp mngapa pmbuatan paspor sampe 3,5juta…
    Jauh bnget selisih dr hrg asliny ya…
    Tolong donk djwab ya..
    Tanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s