Bijak dalam kekuasaan

Standar

Suatu sore terjadi diskusi kecil di sebuah instansi pemerintah antara staf dan pimpinan level menengah. Pimpinan tsb berkata pada stafnya
P : “Kasihan ya rekan kita, karena kebijakan organisasi dia terhambat dengan jenjang karirnya” ,
staf menanggapinya
S : “Kan sudah menjadi kebijakan pimpinan tertinggi pak”
P : “Tapi kan jadi merugikan rekan kita!”

Dalam hati saya berpikir, bukankah kita seorang pemimpin, minimal peminpin bagi diri kita. Apakah kita sebagai pemimpin sudah bijak dalam berbuat dengan menggunakan kekuasaan yang dimilki, sebagai contoh:

1. Seorang karyawan mempunyai uang/penghasilan yang bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari atau ia menggunakan penghasilannya tersebut tuk pesta pora. Atau lebih spesisfiknya ia mau membelanjakan tuk makan siang yg tentunya membuat tubuhnya tetap sehat atau membeli rokok dan mengkonsumsinya yang tentu berdampak buruk bagi dirinya dan bahkan orang lain di sekitarnya.

2. Seorang pemimpin tingkat kelurahan ia mempunyai kekuasaan untuk menentukan siapa saja warganya yang berhak mendapatkan kartu Jamkesda. Ia tentu bisa mengutamakan keluarga/rekan yang hidup sudah berkecukupan atau benar-benar memberikan bagi warga yang miskin di lingkungannya!.

Sering kita dengar keluhan-keluhan dari timbulnya kebijakan yang dibuat oleh pimpinan/orang lain, tapi kita tidak menyadari, apakah kita sebagai minimal Pemimpin diri sendiri sudah bijak menggunakan kekuasaan yang kita milki? jangan-jangan adanya kita malah menjadi kesusahan bagi orang lain! mari bersama kita renungkan untuk kebaikan bangsa ini.

Saya Ramdani tuk hidup yang lebih mulia …….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s