Pengalaman Training Pembentukan Karakter ESQ di Hari Pertama

Standar

Alhmadulillah, atas Nikmat & Karunia-Nya Saya dan Keluarga dalam keadaan sehat.
Kali ini saya berkesempatan untuk mengikuti Training Pembentukan Karakter ESQ kelas Eksekutif angkatan 118 pada tanggal 14 – 16 Desember 2012 di Menara 165 Cilandak Jakarta.
Saya akan berbagi ilmu yang saya dapatkan dihari pertama pelatihan.

Pembukaan pelatihan diawali pembacaa doa dan dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama. Di sesi Awal pelatihan Pak Ary Ginanjar mengupas pengenalan tentang IQ, EQ dan SQ. Pak Ary juga mengupas pentingnya peran SQ dalam mencapai kesuksesan dan kebahagian dalam hidup. Banyak artis terkenal dunia yang berkelimpang harta namun hidupnya berakhir tragis, yaitu bunuh diri. Fenomena gunung es juga di singgung oleh beliau bahwa perilaku seseorang dibentuk dari belief/keyakinan yang dimilki oleh orang tersebut.

Sesi Selanjutnya Outer Jorney. Kita diajak mengenal alam antariksa yang mana planet yang kita huni ini, planet bumi ukurannya lebih kecil disbanding dengan matahari, yaitu ukuran Matahari 1,3 juta  lebih besar dari ukuran Bumi. Perlu diingat, tata surya kita terdiri dari beberapa planet. Semenjak ditemukannya Teleskop Hubble, dapat diketahui alam semesta ini terdapat beberapa alam antariksa yang semua bergerak berlawanan arah jarum jam. Dengan mengenal luasnya alam antariksa, ukuran manusia tidak ada apa-apanya dibanding luasnya alam semesta. Masihkah kita merasa sombong di dunia ini!. Sesi ini juga mengupas tentang teori Bigbang yang ditemukan pada abad 20, padahal sudah tertulis dalam kalam Illahi di abad ke-6 saat waktu Al-Qur’an diturunkan kepada Rasullullah.

Setalah break tuk menunaikan sholat jum’at dan makan siang, sesi selanjutnya mengupas tentang Inner Journey, yaitu penjelajahan ke dalam diri kita yang digerakkan oleh self master. Manusia terstruktur atas IQ, EQ dan inti terdalam dan utama adalah SQ yang mana selalu ada dalam diri manusia. Namun sayang, banyak manusia memilki SQ yang dianggap sebagai hati nurani selama ini tertutup awan pekat sehingga sinarannya tertutup. Hal itulah yang megakibatkan orang pintar masih melakukan kecurangan, korupsi dan perbuatan maksiat lainnya yang tentunya dimurka oleh Allah SWT.

Suasan Ruang Pelatihan

Suasan Ruang Pelatihan

Sesi terakhir di hari pertama mengupas tentang Zero Mind Process. Zero mind Process (ZMP) penting dilakukan untuk melakukan pembebasan 7 belenggu yang menutupi hati nurani kita. 7 belenggu itu adalah :

  1. Prasangka Negataif
  2. Prinsip Hidup, yang mana kebanyakan diantara kita lebih bertahan pada prinsip hidupnya dibanding melihat kebenaran yang nyata.
  3. Pengalaman. Pengalaman yang buruk di masa lampau membuat kita menjadi negative thingking bahkan menjadi paranoid.
  4. Kepentingan. Adanya kepentingan-kepentingan pribadi, organisasi dan golongan membuat orang nekat melakukan perbuaan dosa seperti korupsi.
  5. Sudut Pandang. Dikisahkan kita membayangkan mobil mewah di pikiran kita, lalu kita berpindah membayangakn untuk melihat knalpotnya, tentu hal ini akan menghilangkan persepsi atas mobil mewah tersebut. Seringkali kita salah dalam mencarai sudut pandang dari setiap kejadian sehingga berakibat pada tindakan yang salah atau tidak tepat.
  6. Pembanding. Banyak tokoh yang berperilaku negatif menjadikan pembanding dan alasan pembenaran untuk kita melakukan hal serupa.
  7. Fanatisme. Fanatik yang buta kadang membuat kita jd egois dan tertutup dari hidayah kebenaran.
Zero Mind Process

Zero Mind Process

7 belenggu yang menutui nurani kita harus kita bongkar dengan srring melakukan kontemplasi untuk pengakuan dosa dan melakukan taubat sehingga hidayah dari-Nya masih kita rasakan. Intinya sebagai manusia kita membutuhkan kehadiran Zat Yang Maha Kuasa bersemayam dalam diri kita.

Demikian disampaikan sampai bertemu di pelatihan hari kedua pada esok hari. Salam pejuang ESQ

>>> Tulisan berikutnya

2 responses »

  1. Ping-balik: Pengalaman Training Pembentukan Karakter ESQ di Hari ke-2 « Mochamad Ramdani

  2. Ping-balik: Pengalaman Training Pembentukan Karakter ESQ di Hari ke-3 (terakhir) « Mochamad Ramdani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s