Menjadi Remote Worker

Standar

Demikian judul yang saya berikan pada tulisan kali ini. Sebelumnya mari saya jelaskan pengertian remote worker.

Remote worker adalah istilah untuk seseorang yang bekerja untuk suatu perusahaan atau individu dimana ia tidak perlu berada di tempat kerja (on-site) untuk mengerjakan tugasnya.
Istilah untuk pekerjaan yang dilakukan secara remote dinamakan remote work. Istilah lainnya adalah remote joboff-site job, atau telecommute job. Kegiatannya disebut sebagai remote working atau telecommutingRemote work dapat berlangsung tanpa perlu adanya tatap muka atau pertemuan secara fisik, sehingga seorang remote worker dapat bekerja dari rumah, di warnet, di perjalanan, atau pun di mana saja (yang dua terakhir ini tentunya jika Anda mempunyai notebook), dan juga dapat berbeda kota atau negara dengan si pemberi pekerjaan/project (sumber:http://elfan.net/remotework/).

Sebagai staf yang bekerja menggunakan data-data kantor yang bersifat internal tentu sangat sulit bila pekerjaan tersebut dilakukan di luar kantor. namun kini pekerjaan tersebut bisa dilakukan di luar kantor semenjak adanya teknologi terkini dalam mengakses jaringan internal.

Sebelum saya membahas aplikasi yang dapat mengakses jaringan internal. Saya akan menjelaskan dikit tentang aplikasi online penyimpanan data. Bagi rekan-rekan sering mobile dan banyak pekerjaan dalam bentuk softcopy (data-data dan presentasi) terutama mahasiswa, saran saya sebaiknya memanfaatkan aplikasi penyimpanan online. Sudah banyak aplikasi tersebut di internet seperti Google drive, dropbox dan sebagainya sehingga file-file pekerjaan saat dibutuhkan akan mudah kita gunakan tanpa khawatir ketinggalan laptop atau flasdisk.

Berikutnya adalah aplikasi yang memudahkan koneksi jaringan internal. Kebetulan pekerjaan saya sehari-hari memanfaatkan jaringan intranet kantor sehingga ketergantngan terhadap akses intranet sangatlah tinggi. Aplikasi database kepegawaian, database diklat dan sebagainya semua menggunakan akses intranet. yang jadi masalah adalah mobilitas pegawai dalam unit kami sangatlah tinggi sehingga  pegawai dalam mengakses aplikasi-aplikasi tersebut sangatlah susah selain dalam jaringan kantor yang sama. Untunglah pihak pengelola membuka kanal via internet bagi pihak yang membutuhkan. Namun untuk mengakses jaringan intranet harus melakukan instalasi aplikasi yang bernama VPN.

Setelah instalasi aplikasi VPN, kini saya dapat mudah bekerja darimanapun dan kapanpun selama ada akses internet. Selamat mencoba

 

2 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s