Analisa atas Evaluasi Ibadah Harian Pribadi

Standar

“Jadikan hari ini lebih baik dari kemarin, jadikan esok lebih baik dari hari ini”, ini bukanlah hadis, tetapi ini adalah ucapan para penceramah/mubaligh yang selalu dikumandangakan yang mana memilki makna yang sangat bagus tuk memotivasi diri kita. Tapi saya yakin semua pembaca setuju dengan kutipan tersebut.

Sering kali kita memotivasi diri untuk lebih baik dari kemarin tetapi kita sering bingung dalam menggunakan alat ukur / indikator pengukur tingkat kebaikan tersebut. Judul “Analisa atas Evaluasi Ibadah Harian Pribadi” merupakan ide yang saya dapatkan saat membuat lembar mutaba’ah Ramadhan 1434 H. Walapun ini hanya alat bantu bukan sebagai tujuan.

Alat ini membantu diri saya dan anggota keluarga untuk memantau grafik peningkatan ibadah harian pribadi selama bulan Ramadhan 1434 H, bisa juga pembanding dengan bulan Ramadhan sebelumnya. Dengan alat ini bisa menjadi indikator pencapaian target ibadah pribadi apakah sudah terpenuhi atau masih di bawah rata-rata? Seperti halnya pada dunia kerja. Alat ini juga dapat menunjukkan di hari-hari apa saja ibadah kita meningkat atau menurun sehingga kita bisa mengantisipasi pencapain target selama sebulan.

Ramadhan hanya sekali dalam setahun, jangan sia-sia waktu yang ada dengan percuma. Perbanyaklah ibadah. Jangan-jangan Ramadhan ini ramadhan terburuk dalam amaliah ibadah pribadi kita (istigfar), Ayo jadikan Ramadhan ini ramadhan terbaik dalam hidup kita, belum tentu kita diberikan umur panjang tuk Ramadhan berikutnya (renungkanlah).

Lembar Mutabaah Yaumiyah Ramadhan

Tinggalkan komentar