Mengekplorasi Wisata Pulau Ternate

Standar

Saya bersama seorang rekan berangkat menjelang tengah malam menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta menggunakan Taxiku (Taxi yang bebas biaya tol menuju Bandara Cengkareng) dari Selatan Jakarta. Walaupun kami kurang istirahat, tetapi kami sangat semangat & antusias karena ini adalah perjalanan kami yang pertama ke Pulau Ternate. Kami menggunakan Maskapai Nasional dengan nomor penerbangan GA 648 (CGK 01.40 : TTE 07.30) tanpa transit.

Tiba di Bandara Sultan Babullah Ternate dengan kondisi badan yang agak mengantuk hilang sudah setalah melihat sekeliling bandara, kami di suguhi hamparan pemandangan yang indah nan cantik dari Sang Pencipta. Subhanallah ….

Bandara Babullah Lama

Bandara Babullah Lama

Lihat…. !!! Gunung Gamalam begitu tegak dengan gagahnya tanpa awan yang menghalangi pemandangan bola mata saya ke puncaknya.

Kesan pertama saya melihat keramaian Kota Ternate, saya sungguh takjub. Kota dengan pulau yang cukup kecil dan berada di timur Indonesia, tetapi jumlah kendaraan dan tipe kendaraan yang lalu lalang cukuplah banyak dan kendaraan tipe terbaru ada d sini. Wow … sungguh konsumtif. Mall, pusat perbelanjaan, Waterboom dan sebagainya sudah hadir di kota ini.

Menyusuri Pulau Ternate hanyalah sebentar dan serunya sepanjang jalan saat kita mengelilingi pulau terdapat banyak objek wisata yang cukup memuskan rasa batin ini.

1. Kesultanan Tidore

Setelah dari bandara menuju pusat kota, anda akan melihat Keraton Kesultanan Ternate di sebelah kanan dan di depannya ada lapangan terbuka. Sayang sekali … saat saya singgah keraton dalam kondisi tertutup untuk umum, so kami hanya foto di depannya aja. berikutnya

Pasar Tradisional Higienis

Pasar Tradisional Higienis

2. Pasar Tradisonal Higienis

Yang saya takjub, walaupun pasar tradiosinal namun bentuknya seperti mall dan yang penting rapih, bersih dan tertib. Top deh buat pemimpinnya.

Masjid Al Munawwar Luar

Masjid Al Munawwar Luar

Masjid Al Munawwar Dalam

Masjid Al Munawwar Dalam

3. Masjid Al Munawwar

Masjid yang agung dan megah tepat di pinggir pantai. Kalo di foto dari sisi laut, mesjid ini terlihat terapung seperti masjid yang ada di pantai Losari Makassar. Masjid yang diresmikan pada tanggal 6 Agustus 2010 oleh Walikota ternate ini terbuka untuk umum. Namun sayang, masjid yang memeilki 4 menara tersebut, 2 diantaranya rubuh yang persisi di posisi di atas laut.

Benteng KalamataBenteng Kalamata Info4. Benteng Kalamata

Benteng ini dibangaun tahun 1540 oleh Antonio Pigaveta dari Portugis sebagai benteng perthanan dalam rangka perluasan daerah kekuasaan Portugis di pulau Ternate. Benteng ini berada di bibir pantau Pulau ternate, tepatnya di Jalan Kalamat, kelurahan Bastiong, Kota Ternate. info lengkap bisa d lihat di gambar. Oiya di samping benteng ini terdapat Ternate Waterboom.

sebelum melanjutkan perjalanan keliling pulau, karena waktu sudah tengah hari bolong dan perut sudah keroncongan, kami singgah di sebuah Restoran Floridas. Dengan menu aneka makan laut dan menu penutup minuman es kelapa dengan gula aren. Oiya restoran ini bagus tuk spot foto Pulai Maitara & tidore dan pemndangannya indah. next setelah perut terisi, kita lanjutkan perjalanan.

Tugu Cengkeh

Tugu Cengkeh

5. Tugu Cengkeh

Tugu penanda pernah dilakukan perjanjian antara Sultan Ternate dengan penjajah. Namun penjajah cukuplah licik sehingga sang Sultan di racun dan meninggal d sini.

6. Lahar Dingin

tempat ini merupakan aliran lahar dingin dari puncak gunung gamalama. saat saya tiba, 2 escavator sedanga mengeruk aliran lahar dingin tersebut. Di tempat ini juga bagus tuk sesi pemotretatan dengan balground Gunung Gamalama. Terlihat puncaknya dengan jelas karena awannya sedang tidak ada.

Danau Tolire Info

Danau Tolire Info

Danau

Danau

7. Danau Tolire

Saya menduga danau ini terbentuk karena aktivitas vulkanik seperti tangkupan perahu di Bandung. Lihat saja bibir danau yang curam & terjal. saya menduga tidak ada yang turun kebawah. Kalo di perhatikan sekilas permukaan air danau lebih rendah dengan permukaan air laut yang ada d seberang Danau. lanjut….

8. Pantai Salamadaha

inilah tempat yang saya tunggu2 tuk snorkling & berenang. karena niat pertama saya ke ternate tuk berenang di laut yang bening & tenang. Pinta Masuk Pantai persis di samping Masjid yang kami gunakan tuk istirahat dan sholat Ashar. tuk dapat spot yang memuaskan tuk berenang/snorkling, sebaiknya anda berjalan menuju bukit lalu turun sekitar 300 meter dan akan menumukan spot yang asik tuk snorkling & berenang walau tanpa pantai karena langsung jurang kecil. Kedalamannya sekitar 150 cm dengan pantai, tapi menjelang ke tengah agak cukup dalam karena ada palung. Sebaiknya bawa plampung. Namun sayang pemandangan di bawah air yang benih tersebut, banyak terumbu karang yang rusak walapun masih ada beberapa ikan hias kecil-kecil. Oiya di laut ini anda juga bisa mengampung loh karena kadar keasinannya cukup tinggi dan perhatikan arus bawah saat snorkling, bisa-bisa anda sudah berada di tengah laut.

Uang 1000 rupiah

Uang 1000 rupiah

Pemandangan 1000 rupiah

Pemandangan 1000 rupiah

One response »

  1. sangat setuju mas…alam nusantara ini sangat indah untuk dinikmati, apalagi cuma dengan ST bukan SK hehe …(jangan lupa dijadwalkan berkunjung ke serui)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s