Penyusunan dan Penataan Training (Suntara)

Standar

Penyusunan dan Penataan Training (Suntara)
Sebagai catatan akhir tahun 2013

 

Kami sebagai tim litbang pada Bagian Pengembangan Pegawai berusaha untuk melakukan inovasi dan kreasi dalam melaksanakan tugas pekerjaan sehari-hari, terutama dalam bidang training.

Harapan saya di Tahun 2014, Bagian Pengembangan Pegawai sebagai pusat pengelolaan pengembangan SDM Ditjen Perbendaharaan baik bersifat sofskill & hardskill. Idenya seperti ini

Bagian Pengembangan Pegawai bersama Direktorat, Kanwil dan Pihak BPPK merumuskna Inisiatif Kebutuhan Diklat (IKD) 2014 yang sesuai dengan peta strategi pengembangan SDM. Disanalah ditentukan diklat-diklat prioritas dengan anggaran yang ada. Nantinya diklat tersebut bisa diselenggarakan oleh pihak BPPK sebagai badan pengelola pendidikan dan pelatihan maupun dilaksanakan secara swakelola/mandiri oleh DJPBN sendiri.

A. Diklat oleh BPPK

BPPK merekam tawaran diklat dalam aplikasi Suntara, dan pihak Kantor Pusat DJPBN (Bag PP) memberikan kuota diklat kepada Kanwil yang telah mengisi TNA. Data peserta diinput oleh unit yang ditawarkan diklat. Bag PP bersama panitia lokal (bila ada) memantau kehadiran serta kelulusan dan penyelesaian adminitrasi keuangan peserta diklat. Pihak BPPK (Pusdiklat/BDK) merekam laporan pasca diklat (telah mengikuti, Lulus dan Nilai Peserta).

B. Diklat Swakelola

Kantor Pusat DJPBN (Setditjen & Direktorat) Atau Kantor Vertikal DJPBN yang akan melaksanakan diklat untuk merekam data diklat yang akan dilaksanakan melalui aplikasi Suntara. Bag PP akan memberikan kuota diklat kepada kantor yg telah mengisi TNA atau sesuai petunjuk dari pihak penyelenggara. Bag PP akan koordinasikan dengan pihak penyelenggaran terkait pembuatan Surat Keterangan/Sertifikat sehingga setiap pegawai yang telah mengikuti diklat swakelola ada buktinya agar memberikan civil effect bagi pegawai tersebut.

Doakan semoga Bag PP tetap bisa melayani dengan Cepat, Tepat, Akurat, Informatif, Ramah dan Sopan sehingga memuaskan semua pemangku kepentingan khususnya dan Kementerian Keuangan umumnya.

Jayalah terus ……..

Ket: TNA = Training Need Analysis (sebuah aplikasi untuk mengisi kebutuhan pelatihan bagi setiap pegawai DJPBN)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s