Golput = Mubajir

Standar

Lihat status di sosmed dan komentar rekan2 dunia maya menjelang Pemilu 9 April 2014, banyak yg mengkampanyekan tuk jadi Golput (Golongan Putih alias ga nyoblos, padahal ada loh partai yang dominan warna putih, nah lo …). Padahal kalo yang koar-koar tuk golput sama aja bikin mubajir uanga negara, gimana ga mubajir coba! Gara-gara banyak yg golput, kertas suara banyak yg ga kepake, padahal kan sudah nyetak banyak sesuai DPT (Daftar Pemilih Tetap). Anggap aja yang golput sekitar 35%, berarti pemborosan negara mendekati 35%.

Kenapa bisa ??? ya iyalah … Kan KPU Mencetak kertas suara, membuat TPS, pejabat KPPS sesuai dengan jumlah DPT. Seandainya memang anda sudah niat golput semenjak awal, seharusnya konfirmasi ke Keluarahan saat Kelurahan/Desa mengumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dengan mengisi form tidak bersedia untuk ikut Pemilu. Dan tentunya Partai-parta politik juga gampang tuk mencari target pemilihnya sehingga orang yang sudah golput dari awal ga perlu di sosialisasikan Caleg/Profil partai politik.

Karena kata sebagian orang Golput itu adalah HAM, saya usul kepada KPU tuk solusi semacam itu (ini dari sudut pandang gua yg praktis aja sih). Begini sebaiknya :

1. KPU Mengumkan Daftar Caleg tetap tuk Pemilu & Capre secara bebarengan (apalagi nanti kan Pileg & Pilpres dilaksanakan berbarengan).
2. KPU mengumumkan data Calon Pemilih, dan setelah itu diterbitkan form ketidak ikutsertaa/keikutsertaan (bagi yg belom tercatat) sehingga nanti pihak KPU dapat memastikan DPT yang fix dan pasti ikut Pemilu (kecualia lain hal yg tak terduga).
3. Dari situ, KPU mendapatkan data Pemilih tetap yang fix sebagai dasar pemetaan TPS, Pencetakan jumlah kertas suara dan tetek bengek lainnya.
4. Mudah2an uang negara jadi hemat dan efisien.

Nah karena sisitem ini belom berjalan, jadi bagi warga yang sudah terdaftar dalam DPT sebaiknya menggunakan Hak Suaranya sebaik mungkin. Ingat !!! Uang Negara yang sudah besar tuk membiayai PEMILU, so jangan sampe mubajir ya ….

Salam Demokrasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s