Pelaksanaan Rekonsiliasi Eksternal Tingkat KPPN T.A. 2015

Standar

Yth.   Para Kuasa Pengguna Anggaran
Satuan Kerja Mitra KPPN Jakarta VI
Di Tempat

S-1232_WPB12_KP175_2015 31 Mar 2015
S-2530/PB.6/2015

         Berkenaan surat Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Ditjen Perbendaharaan nomor S-2530/PB.6/2015 tanggal 30 Maret 2015 perihal pada pokok surat, dengan ini kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Satker mitra kerja KPPN selaku UAKPA/UAKPA-BUN memproses data untuk penyusunan Laporan Keuangan menggunakan aplikasi Sistem Akuntansi Instansi Berbasisi Akrual (SAIBA).
  2. Rekonsiliasi data laporan keuangan bulan Januari, Februari dan Maret 2015 sampai dengan diterbitkannya BAR diatur sebagai berikut:
  3. Satker menyampaikan laporan keuangan berupa LRA Pendapatan, LRA Pengembalian Pendapatan, LRA Belanja, LRA Pengembalian Belanja, Neraca Percobaan dan Neraca bulan Januari, Februari dan Maret 2015 beserta ADK ke KPPN dalam rangka rekonsiliasi paling lambat tanggal 10 April 2015.
  4. Satker menyampaikan Nama, NIP dan Jabatan untuk pejabat penanggungjawab rekonsiliasi yang menandatangani BAR.
  5. Penerbitan BAR oleh KPPN diatur sebagai berikut:
  6. Apabila terjadi perbedaan yang disebabkan kesalahan data SAI/SABUN, UAKPA/UAKPA-BUN wajib melakukan perbaikan data laporan keuangan berdasarkan Laporan Hasil Rekonsiliasi (LHR) dan melakukan rekonsiliasi ulang dengan KPPN dengan memperhatikan batas akhir rekonsiliasi. BAR diterbitkan apabila sudah tidak terdapat perbedaan antara data SAI/SABUN dan SiAP.
  7. Apabila perbedaan dimaksud pada huruf a tidak diakui oleh satker, KPA membuat surat pernyataan sesuai format terlampir. Berdasarkan surat pernyataan tersebut, BAR diterbitkan dengan menjelaskan perbedaan dimaksud secara memadai.
  8. Berdasarkan data laporan keuangan yang sudah direkonsiliasi, UAKPA/UAKPA-BUN menyampaikan BAR yang telah ditandatangani oleh KPA dan laporan keuangan bulan Januari, Februari dan Maret 2015 ke KPPN paling lambat tanggal 17 April 2015.
  9. Apabila masih terdapat informasi yang belum jelas, dapat langsung menemui petugas Front Office (FO) seksi Vera atau CSO.

Demikian disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

ttd

Kepala Kantor

Tembusan:

  1. Kepala Kanwil DJPBN Prov. DKI Jakarta
  2. Kepala Seksi MSKI KPPN Jakarta VI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s