Field Trip MPD 18 Goes to Bintan

Galeri

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu tiba juga. Program Studi (Prodi) Manajemen Pembangunan Daerah (MPD) Angkatan 18 Kelas B Sekolah Pascasarjana IPB telah melaksanakan karyawisata sebagai memenuhi Mata Kuliah (MK) Studi Lapangan Tematik (MPD 502) dengan bobot 1 SKS

Rombongan berjumlah 20 orang termasuk seorang Dosen Pembimbing, Bapak Dr. A. Faroby Falatehan telah berkumpul pada pukul 7 pagi di terminal 1B Bandar Udara (Bandara) Soekarno-Hatta Cengkareng pada hari Senin tanggal 24 Oktober 2016, namun 4 rekan kami sudah berangkat lebih awal sebagai tim pembuka.

Setelah menunggu 25 menit lebih dari jadwal seharusnya, akhirnya rombongan kami melakukan boarding . Penerbangan dari Jakarta menuju Tanjungpinang menggunakan maskapai Lion Air (JT 620) dengan durasi waktu sekitar 1 jam 30 menit, pesawat mendarat cukup keras sehingga membuat penumpang schock. Pukul 10.40 WIB kami sudah berada dalam Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang. Setelah foto bersama di depan Sign Bandara, perjalanan dilanjutkan ke Restoran Padang Batu Palano untuk menyantap makan siang.

Setelah santap siang, perjalanan dilanjutkan ke komplek Perkantoran Pemprov Kepri yang berada di Pulau Dompak. Kami menunaikan sholat Zuhur berjama’ah di Masjid Nur Ilahi lalu dilanjutkan Audiensi dengan pemprov Kepri di ruang Aula. Pihak pemprov diwakili Kepala Biro Humas dan Protokol beserta pejabat eselon III dan IV lintas Dinas dan biro. Audiensi yang cukup menarik terlihat dari antusias peserta yang banyak mengajukan pertanyaan ke pihak Pemprov. Tepat pukul 14.30 Audiensi berakhir dan ditutup dengan sesi pemberian cinderamata antar kedua belah pihak dan foto bersama.

Selepas Audiensi, kami melakukan city tour di kota Tanjungpinang dekat icon kota yang baru (bangunan gonggong), lalu dilanjutkan istirahat dan bersih diri di penginapan yang merupakan juga rumah salah rekan mahasiswa di daerah Bintan Center. Sesi malam dilanjutkan dengan wisata kuliner seafood di RM Alim yang berada di tepi laut kota Tanjungpinang.

Hari kedua diawali dengan sarapan di RM Papadaan Batu 9 Jl DI Panjaitan sekaligus mencoba kuliner Tanjungpinang seperti Roti Prata, Mie Lendir, Teh Tarik dsb. Setelah sarapan yang cukup mengenyangkan, kami bergegas menuju Pemkab Bintan dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Tepat pukul 08.30 kami telah tiba di komplek Pemerintahan Kabupaten Bintan di Bandar Seri Bentan. Audiensi dilakukan di ruang rapat Pemkab Bintan dengan dibuka oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Bintan, Bapak Supriyono sekaligus melakukan presentasi Bintan dalam angka. Udiensi cukup hangat karena terdapat seorang pejabat dalam lingkup Pemkab Bintan dalam audiensi tersebut merupakan mantan rekan kerja dari rombongan mahasiswa MPD. Pukul 11.30 audiensi berakhir dengan ditutup sesi pemberian cinderamata antara kedua belah pihak dan sesi foto bersama di depan Kantor Bupati Bintan.

Setelah kunjungan kedua Pemerintah daerah (Pemprov Kepri dan Pemkab Bintan), rombongan melakukan wisata alam ke Kawasan @ Treasure Bay Lagoon. Kami menghabiskan waktu bermain air di wahana ini hingga sore hari, walau saat kami datang cuaca mendung dan gerimis, namun kami tetap menikmati keseruan di wahana tersebut. Pukul 16.30 kami telah melakukan bilas dan melanjutkan wisata ke pantai Lagoi Bay.

Menjelang malam, kami pun bergegas pulang dan mengakhiri sesi hari ke2 dengan santap malam dengan menu Ikan Bakar di RM Bakar Bakar daerah Tanjungpinang Timur.

Hari ketiga, sebelum rangkaian Fieldtrip berakhir dikarenakan sebagaian rombongan ada yang kembali ke Ibukota dan sebagai lagi melanjutkan petualangan serunya, rombongan mengawali hari ke-3 dengan melakukan sarapan di RM Mie Goreng Terempa Batu 7, disinilah saya sangat tertarik dengan panganan khas Kepri yaitu Luti Gendang, bahkan ada rekan yang memborong sebagai buah tangan. Memang pangangan tesrsebut rasanya sangat khas, nikmat dimulut dan gurihnya tak tertandingi.

Setelah sarapan rombongan terpecaha menjadi 3 grup: (1) wisata kota sebelum menuju Bandara dan kembali ke Ibukota; (2) melanjutkan wisata budaya dan menyebrang ke pulau penyengat; dan (3) wisata alam dengan mengunjungi Pantai Trikora.

Demikian rangkaian Fieldtrip Kelas B MPD Ak 18 Kelas B Tahun 2016 yang dapat kami sampaikan, c u again di keseruan berikutnya

Kuliner Tanjung Pinang

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s