Daily Archives: 31 Desember 2015

Belajar Customer Satisfaction bersama Tukang Sol sepatu

Standar

Siang itu kupinta anakku yang sulung untuk men-sol sepatunya yang jebol, termasuk menanayakan berapa ongkos pengerjaannya. Hal ini aku lakukan agar dia mandiri dengan urusannya.

Aku pun coba memantau keluar tuk melihat pekerjaan si Mamang (kayakanya urang sunda) tukang sol. Si mamang mulai pembicaraan :

M            : Masnya mirip si Yusup (maklum urang sunda, jadi bilangnya yusup)
S              : Yusuf yang mana?
M            : itu si yusup yang berdagang chiki
S              : (aku baru ngeh, karena karena ada rekan juga yang satu RW yang pedagang grosiran makanan ringan) oh…. Iya Pak Yusuf. Abang kenal dimana?
M            : Saya mah… kenal sama warga daerah itu. Mas kenal juga kan sama Pak **** (dia menyebut nama yg ga ku kenal) yang Pak RT dekat setu?
S              : oh… saya kenal itu mah … Aduh …. Pak siapa namanya? (saya memang sudah jarang berkontak dengan beliau, sehingga saya agak2 lupa namanya)
M            : mmm…. Pak Anton pak
S              : oh iya pak Anton

Saya mulai curiga nih sama si mamang Tukang Sol, apa karena dia melihat stiker partai di jendela rumah ku sehingga dia menganggap aku berteman dengan orang tersebut karena si mamang juga tahu dia juga pecinta partai yang sama.

Di situlah saya mulai terhentak. Wah si abang ini pintar juga mengambil hati si customer.

Selain dialog diatas, si mamang Tukang Sol Sepatu juga memberikan informasi dan pelayanan yang memusakan, saat menegerjakan sol sepatu istri saya :

M            : Wah ini alasnya kardus mas, mesti diganti. Ga bagus dan ga tahan lama
S              : Abang punya alas-nya tuk ganti?
M            : tenang mas … !!! saya ada tuk ganti alas-nya

Hati saya semakin terpicut lagi dengan pelayanan si mamang ini. Saya juga ingat ada sandal gunung si sulung yang hilang besi pengaitnya.

S              : mang, punya ga besi kayak gini tuk sandal anak saya (sambil saya tunjukkan sendalnya)
M            : Besi gitu … (sambil mencari-cari besi di kotak Sol sepatunya)
S              : Gini aja mang, saya ada kawat, tolong mamang buatkan besi pengaitnya (saya sambil masuk ke dalam mecari kawat besi)
S              : (keluar sambil membawa kawat besi dan Tang) wah .. mang … Kayaknya kawatnya ga kuat nih
M            : Jangan mas kalo gitu. Saya ada nih besi (dia tunjukkan besi pengait bekas sepatu wanita) bisa koq dibuat tuk jadi pengait.

Dalam hati, wah si mamang ini juga problem solver, padahal tambahan pengerjaan sandal anak saya ga masuk perhitungan awal jasa sol. Tambah senang sekali saya merasakan jasa pelayanan si mamang Tukang Sol Sepatu tersebut. Hingga aku membayar lebih kepada si mamang tersebut.

Pelajaran diatas, mungkin si mamang Tukang Sol Sepatu bisa aja menaikkan harga tinggi agar bisa terjadi tawar menawar, bisa aja si mamang ngesol tanpa mengajak ngobrol pelanggannya karena fokus dengan pekerjaannya, bisa saja si mamang bilang saat saya minta tolong jasa tambahan “wah ini kena biaya juga mas”. Tetapi itu tidak dia lakukan. Walapun terlihat pekerjaan informal, tetapi dia tetap memuaskan pelanggannya. Saya yakin si mamang tidak belajar tuh tentang teori customer satisfaction atau paham terkait jargon “pelayanan dari hati”.

Apapun profesi kita, apapun jenis usaha kita, kita bisa memuaskan pelanggan kita sehingga mereka menjadi senang dan insyaAllah menjadi sarana Ibadah dan mudah-mudahan rezeki pun semakin lancar. Amin